Home » » Analisa dan Peluang Usaha Ternak Love Bird

Analisa dan Peluang Usaha Ternak Love Bird

Peluang Usaha Love BirdPeluang Usaha Pengembangbiakan Love Bird (Agapornis )Peluang usaha ini Gampang – gampang susah , itu kata yang tepat untuk  budidaya burung ini . Tips untuk breeder pemula , Biasanya kendala breeder pemula adalah pembedaan jenis kelamin burung . Dan burung ini termasuk burung yang tidak mau di jodohkan paksa . Oleh karena itu Tips nya adalah dengan sistem perkawinan massal . Jadi awalnya campurkan burung dalam satu kandang , maka mereka akan terlihat mencari pasangan sendiri dan akhirnya pasangan yang cocok akan sering bersama .
Lantas setelah kelihatan berpasangan , ambil pasangan tersebut dan taruh dalam kandang perkawinan dengan ukuran panjang 150 cm dan lebar dan tinggi 100 cm. Kandang dilengkapi sarang tempat bertelur bisa dibuat dengan papan ukuran panjang 20 -25 cm, lebar 20 -25 cm, tinggi 15-20 cm. Bahan sarang di pilih yg halus seperti daun pinus , jerami . Agar aman dari tikus kandang di buat dari kawat strimin . Dan jangan lupa kandang perkawinan harus diletakan di tempat yg tenang.

PERKAWINAN LOVE BIRD
Love bird siap kawin adalah yang berusia 8 Bulan . Telur love bird menetas tidak serempak , jadi satu persatu dengan selang waktu sekitar 2 hari .Penetasan berlaku 21 hari sejak telur di erami . Bila sudah berusia 2 minggu anakan harus segera disapih dan sebulan kemudian indukan siap di kawinkan lagi .
KEBUTUHAN PAKAN TERNAK LOVE BIRD
Untuk menjaga kualitas indukan maka pemenuhan gizi harus diperhatikan . Bisa dengan pemberian jagung muda . Setiap hari seekor indukan mampu menghabiskan 2 tongkol jagung . Pakan lain berupa campuran milet putih , milet merah , gabah , kenari seed dan kuaci . Perbandingannya 2:1:1:1:0.5 . Biaya pakan perbulan untuk 10 pasang Love bird sekitar 200.000/ bulan . Dengan Rincian Rp 100.000 untuk pembelian jagung dan Rp 100.000 untuk pakan milet .
PENANGANAN ANAKAN LOVE BIRD
Peluang Usaha Anakan Love Bird
Anakan yang sudah disapih di pelihara dalam kandang pembesaran berukuran tinggi 40 cm , panjang dan lebar 30 cm . Agar suhu tetap hangat kandang harus dilengkapi lampu . Pakan untuk bayi love bird adalah bubur bayi dengan milet putih 2kg , milet merah 2 kg , gabah 1 kg, kenari seed 1 kg , dan kuaci 1 ons . Bahan – bahan ini di blender sampai halus ketika masih kering . Kemudian di encerkan dengan air sehingga menjadi pasta . Anakan love bird di suapi tiap 2 jam sekali , dengan sendok kecil. Ketikan anakan sudah berumur satu bukan penyuapan hanya dilakukan 1 kali sehari .

KENDALA BUDIDAYA LOVE BIRD
Kendala yang dihadapi dalam budidaya love bird ini adalah serangan tikus , dan kematian anakan di usia kurang dari satu bulan . Tips penanganan kendala , untuk tikus kandang dibuat dari kawat srimin dan sering di kontrol . Untuk kematian di bawah satu bulan dengan cara penyapihan dan pemberian pakan yang routin . Tiap 2 bulan sekali di semprotkan disifektan ke seluruh bagian kandang.
PENENTUAN HARGA LOVE BIRD
Harga jual love bird di tentukan oleh warna baik warna bulu atau warna mata , Love bird siap jual ketika berumur minimal 40 Hari .  Berikut list harga love bird
harga_love_bird


—————————————————————————————————-

ANALISIS USAHA BUDIDAYA LOVE BIRD

analisa_usaha_brreding_lovebird


Sumber———————————————————————————————–
Sumber: http://idepeluangusaha.com/

Random post

Loading...