Home » » Tanaman Buah Dalam Pot

Tanaman Buah Dalam Pot


Tanaman buah dalam pot biasa disebut tabulampot. Tabulampot membutuhkan tempat yang tidak terlalu besar dan juga hanya sedikit berbeda cara perawatannya dengan tanaman buah yang ditanam di tanah pada umumnya. Tabulampot selain dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan juga dapat digunakan sebagai hiasan rumah.


Karena ukuran tabulampot biasanya tidak melebihi ukuran rumah sehingga dapat ditaruh di depan atau halaman rumah yang kecil sekalipun. Contoh tanaman yang banyak ditanam dalam pot yaitu mangga dan jambu air. Hal ini dikarenakan mangga dan jambu air mudah dirawat dan cepat berbuah.
Hampir semua tanaman buah dapat ditanam di dalam pot seperti mangga, kedondong, kelengkeng, jambu air dan belimbing. Namun ada tanaman-tanaman khusus yang bibitnya telah disesuaikan untuk ditanam di dalam pot saja. Kita dapat mencoba dengan tanaman yang kita sukai terlebih dahulu. Apabila hal ini menyenangkan, tabulampot ini dapat menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.
Pot tanaman yang digunakan untuk tabulampot harus disesuaikan dengan besar tanaman yang kita tanam. Jadi mungkin kita harus mengganti pot tanaman beberapa kali untuk menghasilkan tanaman yang bagus. Sehingga hendaknya kita gunakan pot yang semi permanen karena lebih murah dan hemat biaya.
Cara menanam tabulampot sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu meluangkan waktu kita sebentar setiap harinya untuk menyiraminya dan memberinya cahaya matahari. Tanah yang digunakan didalam pot harus kita campur dengan pupuk organik dan jangan lupa kita memberinya pupuk anorganik npk setiap 2-3 bulan sekali. Hal ini sangat penting kita perhatikan agar tanaman kita cepat berbuah.
Tabulampot yang mulai berbuah membutuhkan perhatian yang lebih. Hal ini dimaksudkan agar tabulampot dapat berbuah terus tidak hanya sekali saja. Buah yang dihasilkan pertama kali hendaknya kita petik karena biasanya buah yang tumbuh paling awal akan menghambat pertumbuhan buah-buah lain yang akan tumbuh. Buah-buah yang terlihat cacat dan tidak baik hendaknya juga kita petik agar tidak mengganggu buah yang baik. Hendaknya kita membungkus buah yang baik agar tidak terkena serangan lalat buah ataupun hama tanaman

Random post

Loading...